Bagaimana menentukan sebuah kata kunci (keyword)? Google adwords keyword tools merupakan sebuah alat riset keyword yang sederhana (keyword research tool) untuk digunakan. Memang tidak spesialis dalam melakukan analisis keyword (keyword analyzer), namun cukup membantu dalam memberikan informasi serta arah untuk bertindak bagi para pemula.
Apakah kita akan mempromosikan suatu barang atau jasa melalui blog atau website? Apakah kita akan memberikan / sekedar berbagi informasi kepada pembaca (pengguna) internet? Riset Kata Kunci / Pemilihan kata kunci yang tepat sangatlah membantu untuk mendatangkan pengunjung ke blog kita.
Dengan melakukan Riset Kata Kunci kita dapat memperoleh informasi :
- Seberapa banyak keyword tersebut dicari dalam sebulan (Riset Pasar)
- Seberapa sulit tingkat persaingan pada kata kunci yang dipilih (Riset Kompetisi)
- Seberapa mahal harga kata kunci tersebut (Riset Alokasi Biaya ~ Prospek Penghasilan)
Kaidah yang perlu diperhatikan dalam mempertimbangkan dan membuat kata kunci :
- Jumlah pencarian kata kunci EXACT minimal 300,500, 700 atau 1.000 dalam sebulan
- Tingkat kompetisi LOW (pesaing yang mengincar kata kunci yang sama hanya sedikit )
- Dapat dibantu dengan tambahan kata kunci yang berkorelasi erat terhadap penjualan (misal : discount, beli, dijual, review, murah)
- Tentukan Kata Kunci Utama yang akan diperkuat dengan Kata Kunci Turunannya (bisa dikumpulkan 5,10 atau 100 dalam 1 blog spesifik)
Contoh : Mobil - Mobil Laku - Harga Mobil Murah - Bursa Mobil Jakarta - Bursa Mobil Baru Jakarta
No comments:
Post a Comment